Mangaka Takao Saitou Meninggal di umur 84 Tahun

Perusahaan penerbit Shogakukan mengumumkan pada hari Rabu bahwa penulis manga Takao Saitou, yang dikenal sebagai pencipta Golgo 13, meninggal pada 24 September pukul 10:42 karena kanker pankreas. Dia berusia 84 tahun. Pemakaman dihadiri oleh kerabatnya hanya karena pandemi COVID-19, namun, pertemuan perpisahan akan dipertimbangkan di masa depan.

Satou lahir pada November 1936 di Kota Nishwasa (sekarang Kota Wakayama), prefektur Wakayama. Setelah lulus dari sekolah menengah pertama, Takao memutuskan untuk mengejar karir sebagai seniman manga. Pada tahun 1955, ia memulai debutnya dengan manga Kuuki Danshaku (Baron Air). Ia mendirikan Gekiga Kobo di Tokyo pada tahun 1959 dengan tujuan untuk menyebarkan Gekiga, gaya komik dramatis yang ditujukan untuk orang dewasa. April berikutnya, ia mendirikan perusahaan produksi manga Saitou Production. 

Saitou mulai menerbitkan Golgo 13 di majalah Big Comic pada tahun 1968. Shogakukan mengirimkan volume ke-202 pada tanggal 6 September, memecahkan rekor dunia sebelumnya untuk volume terbanyak dari satu seri manga. Baik Saitou Production dan Big Comic juga mengumumkan bahwa mereka akan mengambil alih manga Golgo 13 sesuai keinginan Saitou.  

Manga ini diadaptasi menjadi film pada tahun 1983, anime video asli pada tahun 1998, dan anime televisi 50 episode yang berlangsung dari April 2008 hingga Maret 2009. Manga ini juga menginspirasi dua film live-action dan beberapa video game.

Pada tahun 2017, Yayasan Budaya Takao Saitou Gekiga menetapkan Penghargaan Takao Saitou. Penghargaan ini terdiri dari tiga kategori: Manga Artist, Scenario Writer, dan Editor.   

 

 

 

Source : Myanimelist 

Previous
Next Post »