Kenapa Jepang merayakan Natal dengan KFC?

 Bagi kebanyakan warga diluar Jepang, natal adalah hari raya umat kristiani yang identik dengan kado,santa claus dan pohon natal. Namun di Jepang, hari raya ini justru identik dengan hidangan ayam dari KFC. kenapa bisa demikian? dan Sejak kapan ini dimulai?





Menurut juru bicara KFC Jepang Motoichi Nakatani, tradisi ini dimulai dari Takeshi Okawara, manajer pertama KFC di negara ini. Sesaat setelah restoran ini dibuka pada 1970, Okawara bangun di tengah malam dan menuliskan ide yang datang melalui mimpi: sebuah "ember pesta" untuk dijual disaat Natal.

Okawara memimpikan ide itu setelah mendengar sepasang warga asing di tokonya berbicara mengenai bagaimana mereka merindukan makan kalkun di saat Natal. Okawara berharap makam malam ayam goreng saat Natal dapat menjadi pengganti yang baik, dan kemudian dia mulai memasarkan "ember pesta" sebagai cara untuk merayakan liburan.

Pada 1974, KFC melakukan rencana pemasaran nasional, dengan menyebutnya 'Kurisumasu ni wa Kentakkii', atau 'Kentucky untuk Natal'. Iklan perusahaan untuk makanan Natal menggambarkan keluarga Jepang yang bahagia berkumpul mengelilingi ember ayam goreng.

Sejak saat itulah "ember pesta" dengan cepat menjadi fenomena nasional dan berhasil mempengaruhi warga Jepang bahwa merayakan Natal dengan keluarga di KFC adalah hal yang istimewa.



Selain itu seperti yang mungkin kalian biasa lihat di Anime dan Series Jepang. budaya Natal di Jepang ini sangat unik, selain yang disebutkan diatas. Para muda-mudi saat malam natal justru menghabiskan malam natal bersama pasangan. ini adalah hari raya yang cukup mengenaskan buat para Jomblo di Jepang, bahkan melebihi hari Valentine.

Meskipun terlihat sangat meriah, namun ternyata hari natal di Jepang itu tidak termasuk hari libur. alias jika kalian sudah bekerja dan tanggal 25 Desember bukan hari Minggu. kalian tetap harus berangkat kerja.


Jadi, apakah kalian mau mencoba merayakan Natal seperti orang Jepang? atau pilih dengan budaya Indonesia? 


Source : japantrips


----------


*** Extalia Hobbies ***
Grosir dan Retail Figure, Toys, Gundam, Clothing, Merchandise, etc
► TOKO FISIK:
Jalan Sindunegaran No.10 (Sebelah Selatan SD Tarakanita) Bumijo, Jetis, D.I Yogyakarta, 55231
=========================



#article #japan #anime #animeupdate #christmas #chicken
#kfc #japan #japanculture
Previous
Next Post »